Pengikut


Rabu, 19 Agustus 2009

Hana Yori Dango. .


Hana Yori Dango

Hana Yori Dango

Kalian pasti tahu dunk serial Asia yang dibuat oleh 3 negara (satu negara lagi yaitu China Bakal menyusul) dan bercerita tentang kehidupan seorang cewek miskin yang bertemu dengan 4 orang cowok ganteng dan kaya. Yuph, serial dengan berbagai judul ini Meteor Garden (Taiwan), Boys Over Flowers (Jepang) dan Boys Before Flower (Korea) kini booming di kalangan cewek. Musti kalian tahu ide cerita ini hampir sama, dan kalian juga mungkin bertanya-tanya darimana asal mula ide cerita ini.

Hana Yori Dango

Cerita ini berasal dari komik karangan Yoko Kamio berjudul Hana Yori Dango (花より男子). Dan diterbitkan di majalah Margaret (majalah dwi mingguan). Komiknya sendiri digambar dari Oktober 1992 sampai September 2003 (Bayangin hampir sepuluh tahun). Tahun 1996 komiknya mendapatkan Shogakukan Manga Award untuk kategori shoujo. Komik ini pun adalah komik terlaris sepanjang sejarah Jepang yang tercatat (terjual 54 juta kopi).

Plot dan Latar

Mari kita review plot yang ada di 3 serial berbeda dari masing-masing negara bila dibandingkan dengan versi asal:

Meteor Garden: Latar Meteor Garden lebih berpusat di tempat kuliah sementara di komik latarnya adalah SMA. Disini Shan cai adalah anak tunggal tetapi di komik dia memiliki adik laki-laki. Endingnya pun berbeda dengan versi komik. Terbagi menjadi 2 season

Boys Over Flower: Latar dan plot serial ini paling mirip dengan versi yang asli. Terus Gaya ala bangsawan barat para F4 terlihat jelas disini seperti komiknya. Tetapi ceritanya cenderung disingkat kalau tidak salah hanya 9 episode untuk season 1 dan 11 episode untuk season 2, dan tahun kemarin ada season finalnya.

Boys Before Flower: Latarnya memadukan SMA dan tempat kuliah. Episodenya juga lebih panjang dan ceritanya banyak mengalami banyak modifikasi seperti tidak diceritakannya keluarga Woobin (Akira di manga). Kemudian kisah percintaan Yi Jung and Ga Eul (Sojirou dan Yuki di manga) banyak diexpose disini. Tokoh Ji Hoo disini (Rui di manga) agak aktif berbeda dengan komik yang sifatnya pendiam abis. Kemudian cara masuknya Jan Di ke sekolahnya lebih menggunakan koneksi (Tidak diutamakan tes).

Karakter

z

Tsukushi Makino(牧野 つくし)

tsukushi makino

Dari kiri-kanan: Barbie Hsu, Mao Inoue, Goo Hye Sun

Jan Di (Korea) dari segi fisik imagenya jauh berbeda dari komiknya dilihat dari rambutnya yang pendek. Menurut L , Shan Cai (Taiwan) lah yang paling mirip dengan Tsukushi Makino (Manga). Sementara Tsukushi (Jepang), L lihat dia terlalu manis untuk jadi tokoh Tsukushi (manga) pantasnya dia menjadi karakter moe (imut).

x

Tsukasa Domyoji (道明寺 司)

Tsukasa Domyoji

Dari kiri-kanan: Jerry Yan, Jun Matsumoto, Lee Min Ho

Tuan muda A Tse (Taiwan) paling mirip dengan tokoh aslinya, karena dia terlihat paling bodoh dan berwajah preman. Kalau Tsukasa (Jepang) menurut L wajahnya terlalu Preety Boy (pemerannya adalah seorang anak Boyband fenomenal di jepang yaitu Arashi). Kalau Gu Jun Pyo berada di posisi tengah aja dech, hehe.

v

Rui Hanazawa (花沢 類)

hanazawa rui

Dari kiri-kanan: Vic Chou, Shun Oguri, Kim Hyun Joong

L agak bingung untuk memilih tokoh ini siapa yang paling mirip. Ketiga-tiganya menyajikan karakter Hanazawa Rui dengan baik, hampir sama rata. L akhirnya jatuhkan pilihan kepada Hua Ze Lei (Taiwan) dengan pertimbangan Viz Zhou memerankan tokoh Hua Ze Lei sebagai tokoh pertamanya di Dunia Acting (Salut dech) jadi pantes dapat applause. Terus Menurut L dia juga paling diem di kalangan kandidat lainnya.

n

Sojirou Nishikado (西門 総二郎)

sojiro nishikado

Dari kiri-kanan: Ken Zhu, Shota Matsuda, Kim Bum

Menurut L, versi Koreanya yang dibawakan oleh Yi Jung terkesan terlalu playboy dan tipe mempermainkan cewek sekali, dan kadang terlihat paling tidak konsisten. Sementara Mei Zuo (Taiwan) kadang sikapnya terlihat seperti tokoh Antagonis, penampilan pertama pun saat memakai kacamata jauh dari image Soujiro (manga). Soujiro yang diperankan oleh artis Jepang rasanya lebih nge-pas, karena dia terlihat tipe playboy yang diam-diam menghanyutkan bukan playboy yang over act.

m

Akira Mimasaka (美作 あきら)

akira mimasaka

Dari kiri-kanan: Vannes Wu, Tsuyoshi Abe, Kim Joon

Karakter Akira adalah tipe Karakter yang datar-datar saja. kalau dilihat berdasarkan kriteria tersebut maka Xi Men (Taiwan) yang menang. Tokoh yang lain yaitu Akira (Jepang) dan Woo bin (Korea) agak tidak memenuhi kriteria tersebut mengingat tokoh mereka yang terlalu dominan di cerita.

1 komentar:

cara memakai jilbab mengatakan...

belum nton yg versi jepunnyaa.. tp kesesuaian karakternya sama kaya pilihan ak, terutama tau mingsenya wlopun jerry yan rambutnya di akhr2 film ga keriting tp karakternya dapet bgtt, sm yg jd akira,, karakter ximen yg tenang cocok bgtt